Mobil

[Automobile][threecolumns]

Motor

[Automobile][list]

Kapal

[Automobile][threecolumns]

Pesawat

[Automobile][list]

Kereta

[Automobile][twocolumns]

Mesin

[Automobile][bleft]

Robot

[Automobile][list]

Thursday, January 3, 2013

Mengupas Tucuxi Dahlan Iskan

Nama besar Kupu-Kupu Malam dikalangan pecinta modifikasi sudah tidak perlu diragukan lagi. Puluhan tropi telah diraih rumah modifikasi asal Yogyakarta itu dari berbagai kontes tingkat nasional.

Kupu-Kupu Malam yang bermarkas di Jalan Magelang Km 4.5 No 50B, Yogyakarta dan Jalan Kabupaten Km 3.5 No 50A Sleman Yogyakarta itu dikenal sebagai spesialis modifikasi ekstrim.

Maka tidak heran jika Kupu-Kupu Malam menyabet gelar King dan Champion dalam kontes modifikasi berskala nasional pada 2011 lalu dengan mobil Chevrolet Super Deluxe 1951 yang dijuluki Hati Nurani, dengan tema Revolutionary Walang Kadhung.

Mungkin latar belakang inilah yang menjadikan Kupu-Kupu Malam dipercaya untuk menggarap bodi mobil sport listrik Tucuxi yang dipesan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Sementara untuk jantung mekanis dan penggeraknya dirancang oleh jebolan ITS, Danet Suryatma.

Desain sporty yang dikemas secara futuristik coba diterapkan pada mobil berkelir merah Ferrari ini. Agar terlihat lebih agresif, lampu depan dibuat meruncing dengan air dam cukup lebar. Grill berlapis krom memancarkan sisi elegan Tucuxi.

Kesan mewah kian terpancar berkat pengaplikasian model pintu gullwing serta pengadopsian velg 22 inci yang dibalup ban dengan profil tipis. Menariknya di balik plat nomor DI 19 di bagian belakang terdapat colokan untuk mengisi ulang baterai.

Masuk ke ruang kabin kesan sporty pun begitu terasa. Tucuxi dibekali jok kustom sport yang disertai sabuk pengaman empat titik. Seisi interior dibalut dengan kulit sintetis berwarna merah untuk menyelaraskan dengan sisi luar.

Pada konsol tengah terdapat dua layar berukuran 7 inchi. Layar pertama berfungsi sebagai sarana hiburan seperti audio. Sedangkan layar kedua menampilkan kinerja motor listrik, perputaran energi, tenaga, sampai sisa energi baterai. Mobil ini juga telah disisipi air bag pada dasbor sebelah kiri.

Tucuxi dipersenjatai motor listrik buatan Amerika Serikat yang berkekuatan 200kW dan disokong baterai Lithium Iron Phosphate. Dengan baterai terisi penuh, Tucuxi mampu menempuh jarak 321 kilometer.

Dahlan Iskan mengklaim, mobil listriknya mampu berlari hingga kecepatan 200km/jam. Mantan Dirut PLN juga mengatakan mobil listriknya ini setara dengan mobil mesin bensin berkapasitas 3.500cc.
Silahkan berkomentar
  • Blogger Berkomentar dengan Blogger
  • Facebook Berkomentar dengan Facebook
  • Disqus Berkomentar dengan Disqus

No comments :