Mobil

[Automobile][threecolumns]

Motor

[Automobile][list]

Kapal

[Automobile][threecolumns]

Pesawat

[Automobile][list]

Kereta

[Automobile][twocolumns]

Mesin

[Automobile][bleft]

Robot

[Automobile][list]

Tuesday, February 26, 2019

Bukan 3 Tahun, Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Selama 5 Tahun

Silahkan membaca berita terbaru tentang otomotif berjudul Bukan 3 Tahun, Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Selama 5 Tahun di website Batlax Auto.
Bukan 3 Tahun, Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Selama 5 Tahun

Wartasport.com - Kabar mengenai MotoGP akan menggelar balapan di Indonesia mulai mencuat pada awal tahun 2019. Kali ini sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang direncakan akan menjadi tuan rumah pada salah satu balapan MotoGP 2021 mendatang.

Awalnya banya informasi yang beredar bahwa Sirkuit Mandalika itu akan dikontrak selama 3 musim dan akan mendapatkan opsi perpanjangan setelahnya. Akan tetapi ada tambahan informasi dari pihak ITDC yang menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP selama 5 tahun.

Sirkuit Buriram, Thailand dikelola oleh pihak swasta dan dikontrak selama 3 tahun. Sementara Indonesia dikelola oleh BUMN, sehingga dikontrak selama 5 tahun.

Sirkuit Mandalika ini akan dibangun pada pada akhir tahun 2019 dan akan rampung pertengahan tahun 2020. Di tahun 2021, sirkuit ini harus sudah selesai dan harus siap digunakan untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021 hingga 2025.

Sirkuit Mandalika ini berbeda dengan sirkuti lainnya yang digunakan di balapan MotoGP. Sebab jenis sirkuit ini adalah jalan raya, bukan sirkuit tertutup pada umumnya digunakan.

Kenapa Indonesia jadi tuan rumah MotoGP?

Kalau kita perhatikan dalam beberapa tahun ke belakang, Indonesia selalu gagal untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Sirkuit Sentul di Bogor dan sirkuit Jakabaring di Palembang telah gagal untuk dijadikan sirkuit balapan MotoGP.

Kedua sirkuit tersebut dinilai Dorna tidak layak untuk dijadikan sirkuit balapan sekelas MotoGP. Dan di awal tahun 2019 ini, harapan baru bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP semakin dekat dengan kenyataan.

Kali ini sirkuit Mandalika di Lombok yang akan menjadi sirkuit untuk balapan MotoGP 2021. Memang sih sirkuit ini belum dibangun, tapi sirkuit ini bisa dipakai pada MotoGP 2021. Recananya pembangunan sirkuit ini akan dilakukan pada akhir tahun 2019 dan rampung pada pertengahan tahun 2020.

ITDC (PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero) dipercayai oleh Dorna sebagai penyelenggara Grand Prix. Dorna sendiri yakin bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah MotoGP karena sirkuit di Mandalika sendiri dikelola langsung oleh BUMN sektor pariwisata di Indonesia.

Abdulbar M. Mansur selaku Direktur utama ITDC menjelaskan beberapa faktor kenapa Dorna percaya dengan sirkuit Mandalika, diantaranya adalah tempat ini dikelola langsung oleh BUMN. Dorna sendiri melihat ITDC sebagai BUMN.

Kita sih berharap Indonesia sendiri bisa merealisasikan MotoGP 2021 nanti. Penantian yang panjang ini semoga saja bisa terlaksana.
Terima kasih karena telah membaca berita tentang https://ift.tt/2BTGdMr, jika berkenan silahkan baca berita lainnya di website kami.
Silahkan berkomentar
  • Blogger Berkomentar dengan Blogger
  • Facebook Berkomentar dengan Facebook
  • Disqus Berkomentar dengan Disqus

No comments :